Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Adsense 300x250

Facebook

Recent Posts

Home » » Stop Berita Hoax (Palsu)

Stop Berita Hoax (Palsu)


Info ABCD - Di zaman yang semakin modern ini, semua alat-alat komunikasi semakin canggih. Begitupun sama halnya dengan berita-berita yang lebih menyebar luas dengan cepatnya, dengan adanya alat komunikasi modern ini tentu kita akan lebih mudah dalam memberitakan sesuatu.
Kita tinggal buka internet, disana pasti sudah muncul banyak berita mulai dari berita politik, ekonomi, selebriti dll. Tapi apakah semua berita itu benar? Itulah yang menjadi permasalahan dalam media berita-berita, belum tentu yang di tulis dan diberitakan itu benar adanya.

Berita palsu atau sering disebut berita hoax banyak  sekali beredar di media-media khususnya media online, tak jarang orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut membuat berita yang belum tentu kebenarnya dan tentu itu akan membuat orang yang membacanya kaget serta bingung
karena berita hoax yang diberitakan itu pasti menghebohkan, ya menghebohkan. Jika tidak membikin heboh mana mungkin mereka mau membuat berita hoax itu, hanya menurut saya saja sih, kebanyakan berita hoax pasti menghebohkan. Contohnya saja kalo ada selebriti yang sedang terkenal lagi naik daun
tiba-tiba media berita ada yang mengabarkan kalau meninggal dunia, padahal dia masih sehat sehat saja. Maka dari itu kita harus jeli juga ketika melihat berita seperti itu, kita harus melihat dulu kebenarannya jangan langsung menyimpulkan berita tersebut asli.


Siapa yang membuat berita hoax itu?

Ada beberapa orang yang membuat berita hoax karena ia ingin melihat beritanya heboh dibicarakkan masyarakat, atau terkadang jika yang diberitakan adalah salah satu selebriti mungkin dia adalah haters atau orang yang tidak menyukai selebriti itu ada juga yang menyebarkan berita hoax seperti penampakan sesuatu sehingga sampai menghebohkan orang yang melihatnya. Sebenarnya banyak sekali berbagai macam orang dan berbagai macam tujuannya.


Sebenarnya apa tujuan berita hoax ?

Banyak sekali tujuan dibuatnya berita hoax tersebut, mereka yang membuat berita itu ada berbagai macam tujuan dan terkadang mereka membuatnya hanya untuk iseng-iseng saja, iseng tapi bisa langsung menyebar luas dan dilihat orang di seluruh Indonesia, bahkan dunia dan itu pasti akan membuat kaget mereka yang membacanya.
Ada juga yang membuat berita tersebut karena uang, Uang? Ya internet sekarang ini bukan hanya untuk sebagai hiburan, mencari tahu sesuatu, melihat berita akan tetapi internet juga bisa digunakkan sebagai bisnis. Banyak orang sekarang ini mendapat uang dari internet yang bahkan sampai jutaan dollar. Darimana orang yang membuat berita hoax itu mendapatkan uang? Ya kebanyakan mereka mendapatkannya dari yang melihat berita itu, mereka akan mendapatkan pundi-pundi uang setiap kali ada yang melihat dan membaca berita tersebut.


Bagaimana kita menghadapi berita hoax ?

Jangan biarkan berita tersebut, ya jangan dibiarkan berita hoax menyebar luas sampai ke media-media online dan terutama di sosial media yang memang rata-rata orang sangat sering membukannya. Jika memang terdapat berita yang sekirannya belum pasti kebenarannya tolong dilihat dan diteliti kembali, jika berita tersebut adalah berita hoax segera laporkan kepada pihak seperti kemkominfo atau yang lain. Apalagi kini sosial media seperti facebook mempunyai fitur baru yaitu jika ada yang terlihat menyebarkan berita hoax segera lapor ke facebook.
Dengan adanya fitur ini berita hoax terutama di sosial media tidak akan tersebar luas.

Di Indonesia sendiri memang banyak sekali berbagai berita hoax dan sepertinya hampir ada setiap bulannya.

STOP BERITA HOAX ! Jangan biarkan menyebar di berbagai media, dan jangan sekali-kali menshare berita hoax...

3 komentar:

  1. yoi gan.. bermanfaat banget artikelnya...
    apalagi jaman sekarangbanyak banget berita hoax yang bredar...

    BalasHapus
  2. stop gan, agan juga stop menyampaikan brta palsu hho kddng gan

    BalasHapus
  3. sip, sungguh bermanfaat artikelnya gan :D

    BalasHapus